Asisten Digital Cortana Pamit dari Android dan iOS Awal 2020

0
14
views

Asisten Digital Cortana Pamit dari Android dan iOS Awal 2020

KOMPAS.com – Cortana selama ini hadir dalam bentuk aplikasi untuk pengguna Android dan iOS di sejumlah negara. Namun, tak lama lagi software asisten digital itu akan pamit dari kedua platform.

Layanan Cortana untuk Android dan iOS bakal dihentikan mulai tanggal 31 Januari 2020. Alasannya diungkapkan oleh Microsoft selaku pembuat cortana dalam keterangan di sebuah laman resmi.

“Untuk membuat Cortana bermanfaat, kami mengintegrasikan Cortana ke dalam Microsoft 365 dan bagian dari perubahan ini adalah dengan menghentikan dukungan untuk aplikasi Cortana di Android dan iOS,” tulis Microsoft.

Baca juga: Update Windows 10 Bikin Cortana Jadi “Rakus”

Cortana untuk Android dan iOS akan di-nonaktifkan di sejumlah negara, termasuk Inggris, Kanada, dan Australia. Belakangan diketahui wilayah Jerman, Meksiko, China, dan Spanyol akan turut terkena dampak.

Kendati demikian masih belum jelas bagaimana dengan nasib Cortana di perangkatAndroid dan iOS yang ada di wilayah lain, seperti Amerika Serika.

Belum dapat dipastikan pula apakah Cortana juga akan turut dimatikan sepenuhnya di Android dan iOS atau tetap dapat digunakan setelah tanggal 31 Januari 2020 mendatang.

Baca juga: Samsung Buka Toko Aplikasi untuk Asisten Digital Bixby

Selain itu, Cortana juga akan turut menghilang dari Android Launcher milik Microsoft setelah akhir Januari tahun depan di negara-negara yang tersebut di atas.

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (18/11/2019), Microsoft pertama kali memperkenalkan Cortana untuk iOS dan Android pada 2015 lalu untuk menghubungkan PC Windows 10 dengan smartphone.

Sayangnya, meski melakukan sejumlah perombakan, Cortana tetap tidak dapat bersaing dengan asisten digital pesaingnya, seperti Alexa atau Google Assistant.

Sumber

Kompas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here