Menguji Kecepatan Internet 5G Telkomsel di Batam, Berapa Kencang?

0
4
views

Menguji Kecepatan Internet 5G Telkomsel di Batam, Berapa Kencang?

BATAM, KOMPAS.com – Di sela-sela pameran contoh kegunaan teknologi 5G yang digelar Telkomsel di Batam, minggu lalu, KompasTekno sempat menguji kecepatan internet generasi kelima dari operator seluler pelat merah tersebut.

Menggunakan ponsel Oppo Reno 5G, uji coba ini dilakukan dengan mengukur kecepatan download/upload melalui aplikasi Speedtest dari Ookla.

Sebagai informasi, ponsel yang Oppo digunakan dalam pengujian ini dibekali chipset Snapdragon 855 yang memiliki modem X50 dan bekerja di frekuensi 3,5 GHz. Pada pengujian ini pun Telkomsel menggelar jaringan 5G pada frekuensi 3,5 GHz. 

Lantas, berapa kecepatan internet 5G yang mampu ditembus Telkomsel?

Pengujian Speedtest yang dilakukan KompasTekno menunjukkan kecepatan download mencapai 887 Mbps, dan upload mencapai 81 Mbps. Sementara angka latensi yang diperoleh juga cukup rendah yakni 11 ms.

 
 
 
View this post on Instagram

 
 

KompasTekno jadi saksi uji coba jaringan trial 5G Telkomsel di Batam nih. Sekenceng ini enaknya buat download apa aja ya? ????

A post shared by Kompas Tekno (@kompas.tekno) on Nov 28, 2019 at 1:44am PST

Meski demikian dalam kesempatan pengujian yang berbeda, kecepatan puncak yang dicapai saat diuji oleh tim Telkomsel sebelumnya mencapai 1.169 Mbps alias 1,1 Gbps.

Baca juga: ITU Umumkan Tambahan Frekuensi untuk Jaringan 5G Global

Kecepatan puncak internet 5G Telkomsel.KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Kecepatan puncak internet 5G Telkomsel.

Untuk diketahui, pengujian dilakukan dalam kondisi jaringan yang ramai. Sebab jaringan 5G yang disediakan oleh Ericsson itu juga dipakai bersamaan untuk solusi-solusi 5G lainnya seperti drone, streaming 4K, dan cloud gaming.

Selain melakukan pengujian kecepatan download dan upload, ponsel yang sama juga digunakan untuk uji coba panggilan video (video call). Menggunakan aplikasi Google Duo, video call terlihat lancar, baik dari segi video maupun audionya.

Baca juga: Kominfo Ungkap Tiga Opsi Frekuensi untuk 5G di Indonesia

Percobaan panggilan video ini dilakukan dua kali. Pertama antara Direktur Planning and Transformation Telkomsel Edward Ying dengan President Director Ericsson Indonesia, Jerry Soper, yang keduanya sama-sama di Batam, dalam rangka uji coba jaringan 5G.

Video call kedua dilakukan antara Dirjen SDPPI, Ismail dengan Managing Director Network Optus, Dennis Wong yang berada di Sydney, Australia. Di Sydney, jaringan 5G memang sudah komersil di beberapa titik.

Video yang ditampilkan beresolusi tinggi, bahkan tidak pecah atau terlihat kotak-kotak saat ditampilkan di layar besar di panggung acara.

Sumber

Kompas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here